Kamis, 26 Januari 2017

stomata pada daun






LAPORAN  PRATIKUM ANATOMI TUMBUHAN
TOPIK 1V PENGAMATAN STOMATA PADA DAUN
                                                                  DI SUSUN           
O
L
E
H

                                       NAMA                   :    Margarita Lestari                     
               NIM                        :    140300036331       
                                      KELOMPOK         :    1
                                      DOSEN                   :     Hilda Aqua Kusuma Wardhani,M.Si            






PROGRAM STUDY BIOLOGI
FAKULTAS  KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN BIOLOGI (SI)
UNIVERSITAS KAPUAS SINTANG
TAHUN AKADEMIK 2017










1.      Dasar Teori

Stomata daun adalah sarana utama pertukaran gas pada tumbuhan. Stomata berbentuk pori-pori kecil, biasanya di sisi bawah daun, yang dibuka atau ditutup di bawah kendali sepasang sel berbentuk pisang yang disebut sel penjaga. Ketika terbuka, stomata memungkinkan CO2 untuk memasuk ke daun untuk melakukan sintesis glukosa, dan juga memungkinkan untuk air (H2O) dan oksigen bebas (O2) untuk keluar. Selain membuka dan menutup stomata (perilaku stomata), tanaman menggunakan kontrol atas pertukar gas mereka dengan memvariasikan kepadatan stomata dalam daun ketika mereka baru diproduksi (seperti pada musim semi atau musim panas). Stomata per satuan luas (kepadatan stomata) bisa mengambil banyak O2, dan semakin banyak air yang dapat dilepaskan. Jadi, lebih tinggi kerapatan stomata dapat sangat memperkuat potensi untuk kontrol perilaku atas kehilangan kadar air dan penyerapan CO2 (Grant dan Vatnick,2009).
Stomata terdiri atas sel penjaga dan sel penutup yang dikelilingi oleh beberapa sel tetangga. Mekanisme menutup dan membuka-nya stomata tergantung dari tekanan turgor sel tanaman, atau karena perubahan konsentrasi karbondioksida, berkurangnya cahaya dan hormon asam absisat. Stomata berperan penting sebagai alat untuk adaptasi tanaman terhadap cekaman kekeringan. Pada kondisi cekaman kekeringan maka stomata akan menutup sebagai upaya untuk menahan laju transpirasi. Senyawa yang banyak berperan dalam membuka dan menutupnya stomata adalah asam absisat. Mekanisme membuka dan menutup stomata pada tanaman yang toleran terhadap cekaman kekeringan sangat efektif sehingga jaringan tanaman dapat menghindari kehilangan air melalui penguapan. Tipe stomata yang berbeda dipengaruhi olek kondisi lingkungan, habitat tanaman tersebut dan anatomi tanaman itu sendiri. Tanaman dengan kondisi kekurangan air memiliki stomata dengan kerapatan rendah serta memiliki sel buliform berukuran besar dengan kerapatan relative besar Sedangkan pada kondisi kelebihan air memiliki stomata dengan kerapatan tinggi (Lestari, 2006). Stomata ini berfungsi sebagai jalan masuknya CO2 dari  udara pada proses  fotosintesis, sebagai jalan penguapan (transpirasi), dan sebagai jalan pernapasan (respirasi). Stomata sangat penting bagi tumbuhan karena pori stomata merupakan tempat terjadinya pertukaran gas dan air antara atmosfer dengan system ruang antar sel yang berada pada jaringan mesofil di bawah epidermis. (Moore, 1988).











1.      Tujuan
a.       Mahasiswa dapat membuat preparat jaringan tanaman dan melakukan pengamatan dengan mikroskop.
b.      Mahasiswa dapat melakukan pengamatan preparat stomata dengan menggunakan mikroskop.
c.       Mahasiswa dapat membedakan tipe-tipe stomata dari masing-masing daun.
2.      1. Alat dan Bahan
a.       Mikroskop
b.      Kaca benda
c.       Kaca penutup
2. Bahan
   a. Daun jeruk ( Citrus sp),daun bunga kembang sepatu(Hibiscus resasinensis) , daun mangga( mangifera indica) daun jagung( Zea mays)          , daun enceng gondok ( Eichornia crassipes).
3.      Cara kerja
1.       Mengoleskan kutek pada daun amatan, lalu menunggu hingga kering.
2.      Menempelkan solasi pada bagian yang telah dilapisi kutek.
3.      Melepaskan solasi dengan hati – hati menggunakan pinset.
4.      Menempelkan solasi pada preparat.
5.      Memberi nama menggunakan label.
6.      Mengamati objek.
7.      Menggambar hasil pengamatan.















1. Stomata Daun jeruk

 





2. stomata Daun jagung

 



3.      Bunga sepatu


 


 4. 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar